Inilah 7 Cara Menghemat Listrik, Bikin Hemat Pengeluaran!

Pojokbaca.com - Listrik tentu sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari dan sudah pasti masuk dalam pengeluaran wajib setiap bulan.Agar pengeluaran bulanan bisa menurun, salah satunya ialah menghemat listrik.Tapi, pada kenyataannya Anda sudah meminimalisir penggunaan listrik, ternyata tagihan listrik masih saja membengkak. Anda perlu memahami cara menghemat listrik yang tepat dan mudah dilakukan.

Cara Menghemat Listrik Yang Bisa Anda Terapkan


Berikut adalah cara menghemat energi listrik di rumah yang bisa Anda terapkan pada listrik prabayar, maupun pascabayar:

cara menghemat listrik

1. Nyalakan televisi seperlunya


Televisi adalah alat elektronik yang mengandalkan listrik supaya menyala.Karenanya, cukup gunakan dengan seperlunya.Nyalakan televisi ketika memang Anda sedang ingin menonton. Matikan televisi ketika Anda tengah sibuk mengobrol atau bertelepon.

2. Gunakan AC seperlunya


Nyalakan AC ketika kondisi memang sedang panas.Lalu, matikan AC ketika sudah tidak lagi digunakan. Atau, Anda juga bisa memasang timer supaya dapat mati otomatis ketika suhu di dalam ruangan sudah sejuk.

3. Sesuaikan mesin cuci dengan kebutuhan


Mesin cuci dengan kapasitas besarakan membutuhkan daya listrik yang lebih besar pula. Karenanya, sesuaikan kapasitas mesin cuci dengan jumlah pakaian Anda sehari-hari. Hindari mencuci pakaian yang melebihi kapasitas mesin cuci karena itu akan menambah beban. Bertambahnya beban menyebabkan bertambahnya daya listrik yang dibutuhkan.

4. Nyalakan lemari es dengan bijak


Lemari es membutuhkan listrik dalam waktu yang lama. Bahkan biasanya baru dimatikan ketika akan dikuras. Supaya hemat, matikan lemari es ketika Anda bepergian atau tidak ada makanan dan minuman apapun di dalamnya.

5. Matikan pemanas nasi ketika tidak digunakan


Pemanas nasi yang dinyalakan terus menerus akan menyedot listrik. Anda bisa menyiasatinya dengan hanya menyalakan pemanas nasi beberapa menit sebelum makan.

6. Copot kabel yang sudah tidak dipakai


Walaupun sudah tidak digunakan, kabel yang terus tertancap pada saklar akan terus menyerap listrik. Karenanya, supaya listrik tidak boros dan terbuang sia-sia, copot kabel-kabel yang sudah tidak lagi terpakai.

7. Matikan alat elektronik menjelang tidur


Sebelum tidur, periksa apakah ada alat elektronik yang masih menyala. Dan juga, matikan lampu di ruangan yang tidak lagi dipakai di malam hari, seperti misalnya dapur dan ruang tamu.

Cara menghemat listrik di atas cukup mudah dilakukan bukan? Jika listrik hemat, berarti pengeluaran bulanan Anda akan menurun sehingga bisa dialokasikan untuk keperluan lain. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan anda bisa segera untuk menghemat listrik.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 7 Cara Menghemat Listrik, Bikin Hemat Pengeluaran!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel